Musim dingin ada di sini dan di mana aku tinggal, di Finlandia, kita baru saja turun salju pertama kali dengan banyak pengemudi menavigasi jalan-jalan es dengan ban musim panas. Saya laksanakan perjalanan 50 mil kemarin, lebih dari satu besar di jalan-jalan pedesaan kecil di mana salju belum rusak oleh garam dan lalu lintas yang padat, dan aku berpikir didalam hati: Tidak benar-benar berbahaya atau susah untuk dikendarai di jalur yang licin sepanjang Anda memahami apa yang harus dilakukan dan kapan. Anda cuma harus mengadopsi tipe mengemudi yang tidak sama dan Anda bakal safe seperti di jalur musim panas yang kering. Bahayanya adalah saat Anda menerapkan tipe mengemudi musim panas ke jalur musim dingin.
Aturan # 1: Melambat
Jangan berharap untuk menggapai kecepatan yang sama di jalur musim dingin seperti yang Anda laksanakan di musim panas. Rencanakan perjalanan Anda memakan pas lebih lama dan jikalau Anda berkendara berjam-jam didalam gelap, keadaan visibilitas terbatas di utara rencanakan lebih dari satu perhentian ulang untuk beristirahat.
Aturan # 2: Bersikaplah Lembut di Pedal
Untuk memelihara mobil Anda di jalan, Anda harus pegangan. Ketika ban memiliki grip mereka menggulung terhadap kecepatan Anda bepergian dan mobil bakal pergi ke mana Anda mengarahkan roda depan. Ketika Anda mematahkan atau mempercepat benar-benar banyak roda bakal mengunci dan kehilangan pegangan. Ini membuat perubahan mobil Anda menjadi sebuah benda yang berubah dan bukannya berguling-guling di atas es, Anda tidak bakal bisa mengendalikannya. Ini bakal lurus ke depan, atau jikalau jalur miring itu bakal meluncur muncul berasal dari jalan. Berakselerasi dan pecah seperti Anda memiliki sebutir telur di bawah pedal, benar-benar lembut, dan Anda bakal memiliki lebih banyak pegangan untuk dimainkan.
Aturan # 3: Jaga Jarak Anda dan Perlambat didalam Waktu
Salah satu kecelakaan paling lazim di musim dingin adalah mengemudi ke mobil di depan Anda saat mobil mogok dan Anda terlambat memperhatikan. Satu-satunya langkah untuk jauhi kecelakaan ini adalah memelihara jarak yang baik 100-600 kaki ke mobil di depan Anda. Jaga jarak yang cukup besar agar Anda bisa berhenti jikalau mobil di depan rusak. Selalu memperlambat saat Anda berkunjung ke persimpangan, apalagi jikalau Anda tidak melihat mobil lain di dekatnya. Dengan langkah ini jikalau ada kejutan Anda masih bisa berhenti.
Aturan # 4: Melanggar Aman
Jika Anda kehilangan kendali saat melanggar biasanya gara-gara Anda mengunci roda mobil Anda dengan melanggar benar-benar banyak. Jika Anda mendapatkan diri Anda tergelincir untuk parit atau jadi memutar secara perlahan, lepaskan jeda sepanjang satu atau dua detik untuk memperoleh ulang kontrol dan sesudah itu terus patahkan. Terkadang satu-satunya langkah untuk jauhi kecelakaan adalah dengan tidak menyebabkan kerusakan sama sekali dan sebaliknya jauhi rintangan. Metode ini memang perlu lebih dari satu latihan kendati naluri adalah untuk mendorong pedal istirahat sekeras yang Anda bisa.
Jika mobil Anda memiliki proses pengereman otomatis (ABS), itu bakal menopang membebaskan istirahat untuk Anda, membebaskan Anda mengarahkan dan istirahat terhadap pas yang sama. Mungkin ada saat-saat tertentu, di salju basah yang benar-benar licin, saat proses ABS tidak bakal bisa seluruhnya mengendalikan mobil. Dalam hal ini lepaskan saja istirahat untuk memperoleh ulang kendali. Baca lebih lanjut tentang proses ABS di panduan pengguna mobil Anda.
Aturan # 5: Percepatan Aman
Mobil Anda bisa mengarahkan atau mempercepat. Jika jalur kering, ada cukup cengkeraman untuk akselerasi dan kemudi terhadap pas yang bersamaan, tetapi gara-gara jalur menjadi dingin, Anda harus menentukan satu. Saat Anda lewat sudut, jangan mempercepat! Anda perlu pegangan untuk selamanya berada di jalan. Jika Anda harus berakselerasi, laksanakan dengan perlahan dan jikalau Anda kehilangan pegangan, tarik ulang sedikit terhadap pedal gas sampai Anda memperoleh ulang kendali atas mobil Anda. Ingatlah bahwa mobil penggerak roda belakang dengan roda yang berputar bakal cenderung mengalami putaran berbahaya pas mobil yang menggerakkan roda depan bakal lurus ke depan dengan roda yang berputar. Mobil Anda mungkin memiliki proses kontrol traksi (TCS) yang bakal meyakinkan Anda tidak kehilangan pegangan pas berakselerasi. Anda bakal mendapatkan Info lebih lanjut di manual mobil Anda.
Aturan # 6: Gunakan Ban Salju Yang Baik
Jika musim salju Anda lebih berasal dari sebulan Anda bakal memperoleh ban salju dengan baik. Mereka memiliki penanganan yang jauh lebih stabil di jalur musim dingin dan kurangi jarak putus secara signifikan. Periksa undang-undang dan ketetapan setempat Anda untuk melihat apakah ban salju harus dan jikalau Anda diizinkan memakai ban dengan stud. Saya merekomendasikan stud jikalau diizinkan gara-gara mereka adalah satu-satunya langkah untuk menguasai es basah.
Aturan # 7: Berlatih dan Belajar
Jika Anda memiliki area yang safe untuk berlatih mengemudi es, lakukanlah! Sebenarnya coba seberapa cepat Anda bisa menghentikan kendaraan Anda di atas es bakal mempersiapkan Anda untuk keadaan darurat dan berikan Anda perasaan tentang seberapa cepat Anda bisa berkendara dengan safe di jalur salju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar