Tips perjalanan: ketahui hak Anda kala Penerbangan ditunda, dibatalkan, atau sangat banyak dipesan.

Tips perjalanan: ketahui hak Anda kala Penerbangan ditunda, dibatalkan, atau sangat banyak dipesan.
flight delayed

AS dan penduduk ekonomi Eropa (EEC) udah memutuskan lebih dari satu hak yang sangat spesifik bagi pelancong udara. Sayangnya, cuma sedikit wisatawan yang mengetahui hak mereka (termasuk hak atas kompensasi keuangan) dan perlu untuk mengetahuinya kalau terjadi kesalahan, seperti penundaan penerbangan, pembatalan penerbangan, dan Pemesanan berlebih yang menghalangi Anda berasal dari boarding. Berikut ini adalah gambaran lazim hak penumpang-udara dasar di A.S. dan Eropa.

UNI EROPA
Uni Eropa (UE) adalah satu-satunya wilayah di dunia di mana penumpang nikmati hak dasar yang terdefinisi dengan baik saat jalankan perjalanan dengan udara, dengan syarat bahwa (1) mereka berangkat berasal dari Bandara manapun yang terdapat di Uni Eropa, atau (2) tiba di Uni Eropa dengan sebuah kapal induk Uni Eropa atau satu berasal dari Islandia , Norwegia atau Swiss. Hak penumpang dilindungi oleh peraturan Uni Eropa EC261.

1. pengembalian dana atau transportasi alternatif
Jika Anda tidak diterima untuk boarding atau penerbangan Anda dibatalkan, overbooking atau tertunda 5 jam atau lebih, Anda berhak untuk:

Transportasi ke target akhir Anda pakai langkah alternatif yang sebanding, atau
setelah tiket Anda dikembalikan dan, kalau relevan, dikembalikan secara gratis ke titik keberangkatan awal Anda.
Jika Anda menerima pengembalian dana, maskapai penerbangan tidak wajib menambahkan perjalanan atau perlindungan Lanjutan selanjutnya.

Maskapai penerbangan Anda wajib menginformasikan kepada Anda perihal hak Anda dan alasan penolakan boarding, atau pembatalan atau penundaan yang lama (lebih berasal dari 2 jam, walau ini kemungkinan hingga 4 jam untuk penerbangan yang melebihi 3500 km).

2. makanan dan bermalam di Hotel
Anda kemungkinan juga berhak untuk minuman, makanan, komunikasi (seperti panggilan telepon gratis), dan, kalau perlu, bermalam, terkait terhadap jarak penerbangan dan lamanya keterlambatan.

3. kompensasi keuangan
Jika Anda tidak diterima untuk boarding, penerbangan Anda dibatalkan atau tiba lebih berasal dari 3 jam terhadap kala kehadiran di target akhir yang tertulis terhadap tiket Anda, Anda kemungkinan berhak untuk mendapatkan kompensasi sebesar €250 – 600, terkait terhadap jarak penerbangan:

Dalam Uni Eropa

1.500 km atau kurang: €250
lebih berasal dari 1.500 km: €400
Antara Bandara UE dan Bandara non-UE

1.500 km atau kurang: €250
1.500 – 3.500 km: €400
lebih berasal dari 3.500 km: €600
Pada penerbangan lanjutan, jarak dihitung ke target akhir Anda, bukan ke lebih dari satu hub perantara.

Jika pembawa tawarkan penerbangan alternatif dengan jadwal yang sama, kompensasi sanggup dikurangi sebesar 50%.

Dengan penerbangan yang dibatalkan (atau tertunda), Anda tidak akan menerima kompensasi jika:

Pembatalan (atau keterlambatan) gara-gara situasi yang luar biasa bila gara-gara cuaca buruk, atau
Anda diberitahu 2 minggu sebelum saat tanggal penerbangan yang dijadwalkan, atau
Anda ditawari alternatif untuk rute yang mirip dengan jadwal yang mirip dengan yang asli.
Untuk pembatalan gara-gara situasi yang luar biasa Anda kemungkinan tidak miliki hak untuk kompensasi, pembawa masih wajib tawarkan Anda baik:

pengembalian tiket (secara penuh atau cuma bagian yang belum Anda gunakan)
transportasi alternatif ke target akhir Anda terhadap kesempatan awal atau
Pemesanan kembali di kemudian hari pilihan Anda (tergantung ketersediaan kursi).
Bahkan di dalam situasi yang luar biasa, maskapai penerbangan wajib menambahkan perlindungan bila diperlukan, kala Anda sedang menunggu untuk transportasi alternatif.

4. langkah mendapatkan pengembalian dana atau kompensasi
Kirimkan formulir pengaduan Uni Eropa hak penumpang hawa ke maskapai penerbangan Anda dan pastikan Anda menaruh salinan untuk diri Anda sendiri. Jika ini tidak berhasil, atau Anda tidak bahagia dengan jawabannya, Anda sanggup mengeluh kepada badan penegakan nasional di negara Uni Eropa di mana insiden terjadi. Atau, kalau insiden terjadi di bandara keberangkatan di luar Uni Eropa tetapi melibatkan sebuah maskapai penerbangan Uni Eropa, Anda sanggup mengirim keluhan ke badan penegakan nasional yang relevan di negara Uni Eropa Anda bepergian ke.

AMERIKA SERIKAT
Departemen Perhubungan AS (DOT) mengamanatkan hak perjalanan hawa tertentu, juga hak penumpang di dalam persoalan yang tidak disengaja yang menabrak atau penundaan aspal, tetapi kalau terjadi keterlambatan atau pembatalan penerbangan, Anda akan berada terhadap belas kasihan maskapai penerbangan Anda.

1. menabrak
Ketika sebuah maskapai penerbangan benjolan Anda tanpa sengaja berasal dari penerbangan oversold, berutang Anda kompensasi:

Terlambat + penundaan singkat: penumpang yang bersua berhak mendapatkan kompensasi tunai mirip dengan menggandakan harga tiket mereka hingga $650, kalau maskapai penerbangan sanggup membawa mereka ke target mereka di dalam kala singkat (yaitu, di dalam 1 hingga 2 jam berasal dari AR yang dijadwalkan semula kala saingan untuk penerbangan domestik dan 1 hingga 4 jam kala kehadiran yang dijadwalkan untuk penerbangan internasional).
Bumped + delay panjang: penumpang bersua kala ini berhak untuk empat kali harga tiket mereka, hingga $1.300, kalau mereka tertunda untuk jangka kala yang panjang (yaitu, lebih berasal dari dua jam sehabis kala kehadiran yang udah dijadwalkan untuk penerbangan domestik dan lebih berasal dari 4 jam sehabis kala kehadiran yang udah dijadwalkan untuk penerbangan internasional).
Penyesuaian inflasi dilaksanakan untuk batas kompensasi berikut setiap dua tahun. Yang penting, peraturan ini tidak berlaku saat sebuah maskapai penerbangan menabrak seorang pelancong untuk alasan apapun tak sekedar overbooking-misalnya, sebagai akibat berasal dari beralih ke pesawat yang lebih kecil, untuk persoalan berat-dan-keseimbangan terhadap pesawat yang kursi 30 hingga 60 penumpang, atau kalau penerbangan tertunda atau Dibatalkan.

2. penundaan tarmac
Aturan DOT mandat bahwa sebuah maskapai penerbangan kemungkinan tidak membuat Anda di pesawat sepanjang lebih berasal dari tiga jam (pada penerbangan domestik) atau empat jam (pada penerbangan internasional), dengan pengecualian cuma diperbolehkan untuk keamanan, keamanan atau kontrol selanjutnya lintas hawa alasan yang terkait.   Operator juga wajib menambahkan pembaruan kepada penumpang setiap 30 menit, dan meyakinkan bahwa penumpang yang terjerat di aspal disajikan makanan dan air yang lumayan sehabis dua jam, serta toilet kerja dan perawatan medis yang diperlukan.

3. memerangi keterlambatan dan pembatalan
Jika, untuk alasan apa pun, penerbangan Anda dibatalkan, secara substansial tertunda atau dijadwalulangkan, Anda miliki hak untuk rutekan kembali tanpa biaya tambahan atau untuk menerima pengembalian dana penuh, lebih-lebih terhadap tiket yang tidak sanggup dikembalikan. Kebijakan maskapai penerbangan bervariasi, namun, perihal apa yang merupakan "substansial" penundaan atau pergantian jadwal.

Peraturan federal mensyaratkan bahwa penerbangan domestik dan maskapai asing terbang ke file AS "rencana fasilitas pelanggan," yang menggambarkan apa yang dijanjikan oleh maskapai penerbangan di dalam persoalan daftar panjang keadaan, juga penundaan, pembatalan, dan peristiwa pengalihan, antara lain. Kontrak dan paket fasilitas umumnya berharap voucher makan saat keterlambatan diperpanjang sepanjang kala makan normal dan untuk akomodasi hotel di dalam hal penundaan semalam. Tapi implementasi banyak ragam oleh maskapai penerbangan.

Jika terjadi keterlambatan, lebih dari satu maskapai mengatakan bahwa mereka akan mentransfer Anda ke maskapai penerbangan lain kalau maskapai berikut sanggup membawa Anda ke target lebih awal berasal dari penerbangan asli Anda. Beberapa orang lain mengatakan mereka "mungkin" mentransfer Anda, tetapi keputusan adalah milik mereka, dan masih penerbangan lain cuma tawarkan kursi terhadap penerbangan mereka sendiri yang tersedia berikutnya. Baik rancangan fasilitas pelanggan maupun kontrak pengangkutan tidak berharap kompensasi spesifik saat maskapai penerbangan gagal memenuhi komitmennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar